Inspirasi Tempat Wisata Edukatif Di Jakarta Untuk Anak Selama Liburan Sekolah

Writen by Cloudida
05 July 2018

tempat wisata edukatif di Jakarta

Mendekati akhir libur sekolah mungkin beberapa orangtua sudah kehabisan ide memanfaatkan waktu luang libur sekolah anak-anak. Di Jakarta berbagai tempat wisata tersedia mulai dari yang berbayar hingga gratis. Namun, pernah terpikirkah oleh Anda untuk membawa putra-putri Anda ke tempat wisata berikut?

Museum

Museum dapat menjadi pilihan sebagai destinasi liburan anak selain hiburan dengan mengunjungi museum anak-anak dapat pengetahuan baru seperti sejarah, seni, dan teknologi.

1. Museum Bank Indonesia

Berlokasi di pinggir utara Jakarta, secara administratif masuk dalam Jakarta Barat. Sangat dekat dengan stasiun kereta Kota dan banyak bangunan tua bersejarah di sekitarnya. Di Museum Bank Indonesia, anak-anak dapat belajar mengenai sejarah mata uang Indonesia. Gedung terawat dengan baik sehingga tidak perlu khawatir anak Anda akan kepanasan di dalamnya. Anda juga bisa ikut tur dari komunitas perintis #WisataKotaTua jika ingin mendapatkan cerita sejarah lebih jelas. Tiket masuk Museum Bank Indonesia berkisar 5000 Rupiah dan gratis untuk pelajar dengan menunjukan kartu identitas pelajar.

2. Museum Di Tengah Kebun

Berlokasi di Kemang, banyak orang tidak menyangka terdapat museum di sini karena Kemang memang lebih dikenal orang sebagai pusatnya restoran dan kafe. Museum ini sebenarnya adalah rumah dari seorang pengusaha, Sjahrial Djalil, beliau membeli semua barang-barang antik tersebut dengan dana pribadinya ketika pergi keluar negri. Di museum ini Anda akan melihat barang-barang bersejarah lintas negara, bangunannya juga sangat unik dan apik. Museum menerima kunjungan publik melalui reservasi dengan jumlah peserta kunjungan minimal 7 orang dan maksimal 10 orang. Karena museum ini masih dijadikan tempat tinggal, sangat diharapkan pengunjung untuk tidak gaduh.

3. Museum Tekstil

Belajar menggambar batik di atas kain menjadi daya tarik tersendiri dan aktivitas favorit pengunjung Museum Tekstil. Setelah mengikuti kelas batik biasanya akan mengubah pandangan orang terhadap produk batik karena prosesnya yang cukup rumit. Di museum ini juga banyak dipajang motif-motif batik Indonesia yang sangat beragam dan memiliki sejarah menarik dan arti tersendiri. Lokasinya berada di bilangan Jakarta Barat, tidak jauh dari pusat perbelanjaan Tanah Abang. Tiket masuk museum belum termasuk kelas batik.

4. Museum Layang-Layang

Mungkin anak Anda belum familiar dengan permainan layang-layang, karena langkanya permainan tersebut di Jakarta. Anda dapat mengajak anak ke Museum Layang-Layang yang terletak di Jakarta Selatan, anak-anak dapat mencoba membuat layang-layang sendiri. Layang-layang yang dipajang di museum beragam bentuknya dan memiliki gambar-gambar menarik. Harga tiket masuk sekitar 15.000 Rupiah, sudah termasuk pelayanan pemandu wisata.

5. Museum Harry Darsono

Sesuai dengan namanya, museum ini adalah galeri busana milik perancang baju terkenal, Harry Darsono. Jika anak Anda memiliki minat pada desain baju, tidak ada salahnya mengajaknya ke museum ini. Anda dapat melakukan reservasi melalui telepon 021 70650928. Terletak di Cilandak, Jakarta Selatan, akan mudah menemui museum ini karena bangunannya yang memiliki desain unik terlihat menonjol dari bangunan sekitarnya.

Wisata Alam

Walaupun tidak banyak wisata alam yang ada di Jakarta, namun tempat-tempat ini dapat menjadi alternatif wisata alam bagi Anda yang tidak punya cukup waktu untuk berkunjung ke tempat wisata di luar kota Jakarta bersama keluarga.

1. Suaka Margasatwa Muara Angke

Terletak di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Suaka Margasatwa Muara Angke memang bukan diperuntukkan untuk tempat berwisata melainkan kawasan konservasi. Meski begitu, Anda dapat mengunjunginya dengan meminta izin terlebih dahulu di Kantor Balai Konservasi umber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat. Jika mendapatkan izin, di sana Anda dapat melihat hutan mangrove, satwa monyet ekor panjang, dan ditemani kicauan burung-burung. Berbeda dengan taman wisata mangrove PIK, di Suaka Margasatwa Muara Angke Anda wajib ditemani oleh petugas jaga karena lokasi ini bukan diperuntukkan untuk berwisata.

2. Taman Wisata Angke Mangrove

Di kawasan Pantai Indah Kapuk, tempat ini memang diperuntukkan wisata alam, Anda dapat melihat pemandangan hutan bakau yang tertata rapi. Tersedia juga penginapan dengan desain ramah lingkungan. Untuk masuk ke kawasan ini dikenakan biaya masuk per orangnya. Anda juga dapat mengajak anak untuk ikut berpartisipasi menanam bakau.

3. Taman Situ Lembang

Sekadar menghabiskan waktu di sore hari, Anda dapat mengajak putra putri ke taman Situ Lembang di bilangan Menteng, Jakarta Pusat. Terdapat danau buatan yang di permukaannya ditumbuhi bunga teratai cantik. Anak-anak juga bermain di fasilitas bermain yang sudah disediakan.

4. Danau Setu Babakan

Letaknya memang bukan di pusat kota Jakarta, namun tidak terlalu jauh untuk mencapai Danau Setu Babakan yang berlokasi di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Di tempat wisata Setu Babakan ini, anak-anak dapat mempelajari kebudayaan dan seni betawi mulai dari seni tari hingga makanan khas betawi. Di danaunya terdapat perahu dengan bentuk-bentuk unik yang dapat Anda sewa untuk mencobanya.

5. Taman Cattleya

Di tengah padatnya jalan Tomang, di sekitar area itu Anda dapat menemui taman yang cukup luas. Taman Cattleya memiliki luas 3 hektar, dilengkapi fasilitas olahraga, sungai yang bersih, serta tanaman-tanaman bunga yang cantik. Selain berolahraga, Anda dapat mengajarkan anak menanam tanaman karena di sudut taman terdapat rumah kompos.

Dengan mengajak anak-anak ke tempat-tempat tersebut, mereka dapat lebih mengenal kota tinggalnya yaitu Jakarta. Kemanapun lokasi wisata yang Anda kunjungi, selalu ajarkan untuk menjaga kebersihan dan tidak merusak fasilitas yang ada. Selamat berlibur!

Ingin dapatkan tips pengetahuan dan inspirasi seputar psikologi, kecerdasan, dan pendidikan anak? Subscribe di sini!

Source :



Hai..
Anda Psikolog? Anda Pengajar?