Hari Pertama Sekolah Memulai Rutinitas Sekolah Tahun Ajaran Baru

Writen by Cloudida
16 July 2018

Hari Pertama Sekolah Memulai Rutinitas Sekolah Tahun Ajaran Baru

Memasuki tahun ajaran baru, hari pertama sekolah menjadi momen yang penting bagi setiap anak sekolah. Beberapa orangtua sudah jauh-jauh hari menyiapkan berbagai keperluan untuk anaknya. Namun kerepotan tentu tidak terhindarkan setelah rutinitas selama liburan yang menyenangkan masih menghinggap di anak-anak. Lalu bagaimana agar anak-anak siap kembali ke rutinitas bersekolah.

Berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan dan mengatur rutinitas kembali ke sekolah yang dapat membantu.

Kunjungi sekolah sebelum jadwal masuk sekolah

Jika tahun ini merupakan kenaikan tingkat sekolah yang berarti sekolah baru bagi anak, usahakan untuk mengunjungi sekolah sebelum jadwal masuk sekolah. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengenalkan rute baru anak bersekolah. Anda dapat mengantarnya menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi sesuaikan dengan pilihan bertransportasi yang akan digunakan selanjutnya.

Biasanya beberapa sekolah terbuka untuk calon-calon siswanya berkunjung, mengenal suasana lingkungan sekolah dan staf-staf yang akan membantu mereka dalam berkegiatan di sekolah. Perkenalan ini dapat mengurangi rasa canggung anak saat pertama kali berangkat sekolah. Selain itu Anda dapat menghitung waktu tempuh transportasi dari rumah ke sekolah.

Waktu Bangun Pagi

Menurut para ahli waktu tidur yang baik untuk anak adalah 9 sampai dengan 10 jam atau sekurang-kurangnya 8 jam dalam sehari. Jika jam masuk sekolah pukul 07.00 pagi maka Anda dapat menghitung pukul berapa anak harus sudah bangun pagi dan bersiap untuk berangkat sekolah. Sebenarnya memiliki kesepakatan waktu bangun pagi dengan anak berarti juga mengatur jadwal anak tidur di malam hari sebelumnya.

Memulai Hari dengan Waktu Tidur yang Cukup

Selama waktu liburan mungkin Anda memberikan kelonggaran jam tidur anak dengan mengijinkan anak tidur lebih larut malam. Saat ini Anda harus sudah menngubah jadwal tidurnya dan lebih ketat dengan jam tidur malamnya. Jelaskan pada anak betapa pentingnya waktu tidur yang cukup untuk dirinya memulai hari esok. 

(Baca juga Dampak Negatif Kurang Tidur Pada Anak)

Sebelum anak-anak tidur, mintalah mereka untuk mempersiapkan pakaian atau seragam yang akan dikenakan esok hari. Tidak jarang rutinitas pagi keluarga menjadi berantakan karena seragam dan perlengkapan sekolah lainnya belum disiapkan di malam sebelumnya.

Rutinitas membantu kita untuk mengetahui apa yang diharapkan setiap harinya, membantu kita mempersiapkan untuk hari berikutnya, dan membantu semua orang tetap terorganisir serta mempersiapkan mereka untuk masa depan. Anak-anak mungkin akan menunjukkan sikap menolak untuk kembali ke sekolah tetapi mereka tetap segera kembali ke rutinitas sekolah. Apakah Anda memiliki tips lainnya?

Source :



Hai..
Anda Psikolog? Anda Pengajar?