Daftar Alat Tes IQ di Indonesia

Posted by Cloudida

22 November 2018

Daftar Alat Tes IQ

Ingatkah Anda saat di bangku sekolah dahulu pernah menjalani tes IQ atau kecerdasan yang dilakukan serentak bersama dalam satu kelas? Lalu apa Anda juga menjalani tes psikologi saat melamar pekerjaan di perusahaan sekarang?

Alat tes IQ dirancang dengan spesifikasi tertentu, alat yang digunakan untuk mengukur kecerdasan orang dewasa tentu berbeda dengan alat tes yang dipakai untuk menguji IQ anak-anak di bangku sekolah dasar. Selain itu alat tes IQ juga dipakai berdasarkan tujuan hasil yang ingin diketahui, misal jika orang tua ingin mengetahui kemampuan kognitif anaknya akan berbeda alat tesnya dengan orang tua yang berniat mendeteksi minat anaknya.

Berikut ini alat tes IQ atau kognitif yang cukup dikenal dan sering dipakai oleh para psikolog Indonesia:

1. Binet

Alat tes Binet pada dasarnya dipakai untuk mengidentifikasi kematangan usia mental peserta tes. Dan hasil alat tes sebelumnya menunjukkan bahwa anak tersebut berada di bawah rata-rata kemampuan kognitifnya atau memiliki kecenderungan keterbelakangan mental. Tujuannya dilakukan tes ini biasanya untuk memutuskan tindak lanjutan terhadap anak sehingga anak tetap dapat berkembang sebagaimana mustinya. Alat tes ini dilakukan secara individual serta diperuntukkan anak di usia antara 3 sampai dengan 12 tahun.

 

2. WPPSI (Wechsler Preschool and Primary Scale of Intelligence)

Sesuai dengan namanya alat tes IQ ini diperuntukkan anak di usia pra sekolah atau tk (2 tahun lebih) sampai menginjak bangku sekolah dasar awal (6 tahun), ditujukan untuk mengetahui kecerdasan seorang anak secara keseluruhan dan juga dapat mengidentifikasi karakteristik keterlambatan atau kesulitan anak tersebut.

Alat tes ini dilakukan dengan cara individual. Serta alat tes ini paling banyak dikenal oleh psikolog dan dipakai di dunia.

 

3. WISC (Wechsler Intelligence Scale for Children)

Berbeda dengan WPPSI, WISC diperuntukkan anak usia lanjutan mulai dari 6 tahun sampai dengan 16 tahun. Alat tes WISC biasanya juga cenderung dipakai untuk tes kepada anak yang diduga termasuk dalam golongan anak berbakat.

 

4. IST (Intelligenz Struktur Test)

IST dapat dilakukan secara klasikal atau beramai-ramai. Alat tes ini biasanya dipakai di Indonesia untuk mengukur bakat dan minat anak di bangku sekolah menengah pertama menuju SMA. Namun tidak jarang alat tes digunakan oleh HRD perusahaan sebagai tes masuk atau perekrutan karyawan baru. IST memiliki 9 subtes.

 

5. CPM (Coloured Progressive Matrices)

Alat tes CPM dapat dilakukan secara klasikal (beramai-ramai) ataupun individual. Alat tes ini ditujukan untuk anak-anak usia 5 sampai dengan 11 tahun, lansia, dan orang dewasa yang memiliki kelemahan mental. Tes CPM memiliki 3 seri dengan penyebutan seri A, Ab, dan B, masing seri tersebut terdiri dari 12 item.

 

6. SPM (Standard Progressive Matrices)

Alat tes SPM dapat digunakan untuk menguji kecerdasan peserta mulai dari anak usia 8 tahun sampai usia dewasa maksimal 65 tahun. Alat tes yang dirancang oleh Raven mulai dari CPM, SPM, dan APM merupakan alat tes nonverbal, hasil alat tes ini menunjukkan kemampuan berpikir peserta yang bersifat analisis. Alat tes ini banyak dipakai oleh perusahaan dalam tes perekrutan.

 

7. APM (Advanced Progressive Matrices)

Kebalikan dari tes CPM, alat tes APM lebih ditujukan untuk mengukur kecerdasan anak-anak berbakat (gifted). Kriteria usia peserta tes APM mulai dari 11 tahun ke atas hingga usia dewasa. Di Indonesia, alat tes APM sering dipakai untuk mahasiswa atau setingkat sarjana.

 

8. CFIT (Culture Fair Intelligence Test)

Alat tes CFIT dikembangkan oleh Raymond B. Cattell, salah satu psikolog pencipta teori CHC. Cattel merancang alat tes CFIT dengan tujuan untuk mendapatkan hasil pengujian kecerdasan yang tidak berhubungan atau terpengaruh oleh lingkungan serta budaya sosial peserta tes. CFIT-3 ditujukan untuk peserta tes berusia 15 tahun ke atas. Sedangkan CFIT-2 ditujukan untuk peserta berusia 8 hingga 14 tahun dan orang dewasa dengan retardasi mental.

 

9. AJT CogTest

AJT CogTest merupakan alat tes IQ terbaru yang sudah dinormakan di Indonesia (proses norming dilakukan lebih dari 4 tahun dengan koresponden hampir mencapai 5000 anak). Alat tes IQ terbaru ini merupakan hasil kerjasama Melintas Cakrawala Indonesia dengan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Berlandaskan teori paling mutakhir CHC, MCI juga melibatkan Kevin McGrew dalam pengembangan alat tes AJT. Alat tes IQ terbaru ini digunakan untuk mengukur 8 ranah kecerdasan anak mulai dari usia 4 sampai dengan 20 tahun. Melintas Cakrawala Indonesia membuka pendaftaran bagi para lulusan sarjana Psikolog dan Psikolog untuk tergabung mengikuti program sertifikasi dengan mendaftarkan diri pada form ini.

Apakah Anda ingin menambahkan alat tes IQ lainnya? Berikan tanggapan Anda melalui kolom komentar.

Source :