Bagaimana Mengetahui Anak Cerdas di Hari Pertamanya Ia Sekolah?

Writen by Cloudida
15 July 2019

Bagaimana Mengetahui Anak Cerdas di Hari Pertamanya Ia Sekolah?

Hari ini adalah hari pertama anak-anak masuk sekolah. Untuk anak-anak yang masuk sekolah naik kelas mungkin tidak begitu tegang ketimbang anak-anak yang memasuki hari pertama di sekolah baru. Namun sepertinya yang cemas bukan hanya anak-anak yang menjalankannya justru orang tua yang paling cemas menghadapi hari pertama anak sekolah. Orang tua tidak sabar untuk mengetahui anaknya cerdas di hari pertama sekolah.

Pemandangan orang tua menunggu di luar sambil mengamati anaknya di dalam kelas dari jendela mungkin bukan hal yang aneh di Indonesia. Bahkan di beberapa tempat banyak orang tua yang sudah mengantar anaknya lebih awal dari jam masuk sekolah di hari pertama masuk sekolah dengan harapan anaknya dapat menempati kursi paling depan di kelas.

Setiap orang tua pasti berupaya semaksimal mungkin membantu anaknya dalam menjalani aktivitas di sekolah mulai dari hari pertama anak sekolah. Kecemasan orang tua tidak berakhir setelah anak sudah bersekolah, tidak sedikit orang tua yang mendatangi guru untuk menanyakan, “bagaimana anak saya di kelas? Apakah dapat mengikuti kegiatan dengan baik?”, “apa anak saya cukup cerdas di kelas?”.

Sebenarnya kita dapat mengenali kecerdasan anak saat ia memulai hari pertamanya di sekolah. Perilaku-perilaku berikut ini dapat mengindikasikan kecerdasan anak:

1. Bersemangat

Anak-anak cerdas pada umumnya bersemangat untuk memulai sesuatu yang baru karena rata-rata mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Tingginya antusias anak memulai hari pertama sekolah kemungkinan tidak sabar untuk mempraktikkan kemampuan yang sudah ia pelajari sebelumnya, seperti membaca, menulis, dan berhitung.

2. Cemas

Ia mungkin bersemangat namun juga cemas di waktu yang bersamaan. Anak cerdas memiliki daya berpikir yang luas sehingga di otaknya ia berpikir banyaknya kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Ada rasa cemas kemungkinan ia tidak berhasil melewati hari pertama sekolah sesuai harapannya. Karena terkadang anak-anak cerdas ini sudah membuat poin-poin yang menjadi indikator keberhasilannya sendiri. Jika indikator-indikator tersebut tidak tercapai, ia akan beranggapan bahwa dirinya tidak berhasil.

3. Cerewet

Kemampuan berbicara seorang anak mengindikasikan kemampuan atau kecerdasan otaknya. Anak-anak cerdas mampu mengekspresikan pikirannya dengan berbicara. Jadi jangan kaget jika sepulang sekolah anak Anda banyak berbicara menceritakan harinya selama di sekolah.

Perilaku di atas dapat memberikan Anda sedikit wawasan tentang kecerdasan anak Anda namun ketimbang fokus untuk mengetahui kecerdasan anak saja, bagaimana jika kita orang tua lebih berupaya untuk turut membantu anak menjadi cerdas dengan kemampuan yang dimiliki anak. Bagaimana caranya? Akan diulas di artikel selanjutnya, masukkan alamat email Anda untuk menjadi orang yang pertama mengetahuinya.

Source :



Hai..
Anda Psikolog? Anda Pengajar?