Pertanyaan yang Sering Diajukan

Pertanyaan Umum

AJT CogTest memulai dengan menjawab pertanyaan 'Bagaimana anak saya cerdas?' dan bukan 'Apakah anak saya cerdas'? Tes ini didasarkan pada teori kecerdasan Cattell-Horn-Carroll yang dianggap sebagai model kecerdasan kognitif manusia yang paling komprehensif dan empiris yang mencakup penelitian puluhan tahun. No KEMAMPUAN LUAS STRATA (II) DEFINISI 1 Penalaran Cair (Gf) Penggunaan prosedur yang disengaja dan terkendali (seringkali membutuhkan perhatian yang terfokus) untuk memecahkan masalah baru "di tempat”, yang tidak dapat dipecahkan dengan menggunakan kebiasaan, skema, naskah yang sebelumnya  pernah dipelajari. 2 Memori Kerja Jangka Pendek (Gwm) Kemampuan untuk menjaga dan memanipulasi informasi dalam perhatian aktif. Pikiran mental alas atau meja kerja. 3 Efisiensi ...

Selengkapnya

Dengan AJT CogTest, PT. Melintas Cakrawala Indonesia (MCI) menawarkan informasi berbasis bukti terpercaya untuk siswa, orang tua, sekolah, dan dokter / psikolog. Manfaat AJT CogTest, daripada bertanya-tanya mengapa seorang siswa mengalami frustrasi dengan pembelajarannya, adalah untuk mengidentifikasi ranah kekuatan kognitif dan kelemahan belajar peserta didik.Psikolog bersertifikat MCI mengelola tes tersebut, memastikan tingkat profesionalisme, kompetensi dan kehandalan yang tinggi. Memanfaatkan lebih dari 5.000 sampel siswa di Jawa, MCI, dengan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Urip Purwono, M.Sc., Ph.D. dan Dr. Kevin McGrew dari Universitas Minnesota, mengembangkan AJT CogTest 1.0 lebih dari empat tahun pengembangan tes dan periode penelitian. Dr. McGrew telah ...

Selengkapnya

Standar industri merekomendasikan pengujian setiap tiga sampai empat tahun sebagai sarana untuk memberi indikasi yang jelas mengenai bidang yang berkembang atau kurang berkembang.

Selengkapnya

Salah satu manfaat dari AJT CogTest 1.0 adalah kemampuannya untuk memberikan wawasan paling komprehensif tentang kemampuan kognitif setiap siswa. Bahkan jika anak tersebut memiliki penilaian serupa, akurasi dan norma AJT CogTest 1.0 akan menambah wawasan berharga dalam proses kognitif.Jika laporan kognitif Anda telah lebih dari 3 tahun, AJT CogTest 1.0 akan memberikan penilaian yang lebih komprehensif dan mutakhir tentang kemampuan anak untuk pendidik, orang tua dan pelajar.

Selengkapnya

Sebagai bagian dari layanan kami, psikolog bersertifikasi MCI memenuhi syarat untuk mengelola AJT CogTest 1.0 secara tepat kepada anak-anak yang sebelumnya didiagnosis dengan attention disorder atau kesulitan belajar lainnya.AJT CogTest 1.0 dirancang khusus untuk siswa Indonesia yang berusia 5-18 tahun. Namun, orang dewasa muda sampai dewasa berusia 40 tahun bisa mengikuti tes dan mendapatkan wawasan baru tentang kemampuan kognitif mereka.

Selengkapnya

Administrator tes, disebut sebagai Administrator bersertifikat AJT, adalah individu yang secara khusus dilatih dan disertifikasi untuk alat penilaian ini. Administrator Bersertifikat AJT memiliki kualifikasi minimal S1 di bidang Psikologi atau pengajaran, dan akan menyelesaikan kursus tentang: Pengantar Teori Kemampuan Kognitif AJT COGTEST AdministrasiPsikolog Bersertifikasi AJT, dengan kualifikasi minimal S2 (Magister)  dalam Psikologi atau Pendidikan Khusus, dan / atau berpengalaman sebagai konselor sekolah, melakukan Interpretasi dan Pelaporan. Mereka menyelesaikan pelatihan sertifikasi AJT COGTEST yang spesifik yang mencakup: Teori Kognitif CHC AJT COGTEST Administrasi AJT COGTEST Interpretasi & Laporan

Selengkapnya

Anak-anak memiliki keterampilan, minat, dan kekuatan dan kebutuhan belajar yang berbeda. Perbedaan ini menjadi lebih jelas saat anak masuk sekolah dan mulai belajar formal. Di kelas, siswa menunjukkan berbagai karakteristik konseptual, praktis, sosial-emosional, dan fisik. Masing-masing karakteristik ini mempengaruhi cara seorang anak dapat belajar, menafsirkan, menyerap, dan memanfaatkan informasi baru.Mengidentifikasi, memahami, dan menanggapi kelemahan belajar siswa adalah proses yang kompleks. Sebuah studi di tahun 2004 menunjukkan bahwa hingga 15,3% siswa dari semua rentang usia cenderung memiliki beberapa bentuk kebutuhan pendidikan khusus (Kementerian Kesehatan RI, 2004). Sebuah studi yang lebih baru memperkirakan bahwa rata-rata sepuluh persen anak sekolah berusia 5 sampai 14 tahun, berjuang dengan ...

Selengkapnya

Hasil penilaian AJT CogTest 1.0 memberikan pemahaman yang akurat dan komprehensif tentang bagaimana seorang anak belajar yang akan membantu orang tua, anak dan pendidik memaksimalkan potensi peserta didik.OrangtuaLaporan Personal AJT CogTest membantu orang tua memahami potensi anak mereka dan mengarahkan anak menurut perspektif informasi, memberi kesempatan pada pertumbuhan yang selaras dengan kekuatan dan kelemahan belajar mereka masing-masing.AJT CogTest juga akan membantu orang tua melakukan penyesuaian yang akurat terhadap pendekatan pengasuhan mereka.SiswaSiswa akan merasa berkurang rasa frustrasinya saat mereka memperoleh alat pada toolkit yang menargetkan pada kekuatan dan kelemahan spesifik mereka. Mengambil tindakan untuk mengurangi frustrasi mereka dalam belajar ...

Selengkapnya

Mendaftar dan login di website kamiPendaftaran terbagi menjadi Orang tua Pendidik Psikolog MitraOrangtua Setelah memiliki profil, Anda dapat membuat janji kapan saja (sisipkan gambar dan sisipkan tautan) Pilih produk yang Anda inginkan Pilih lokasi Buat janji temu Anda akan menerima email konfirmasi setelah pemesanan Anda dikonfirmasi oleh salah satu psikolog tersertifikasi kamiPendidikKlik di sini untuk info lebih lanjutPsikologKlik di sini untuk info lebih lanjutMitraKlik di sini untuk info lebih lanjutLink Video ke "Cara Memesan" - On Progress

Selengkapnya

Anda akan menerima profil kognitif anak 2 x 24 jam setelah tes dilakukan. Interpretasi dan rekomendasi akan dapat diakses paling lambat 10 x 24 jam hari kerja setelah profil kognitif tersedia.Anda akan menerima Email untuk memberitahukan bahwa laporan telah tersedia atau cukup masuk ke akun Anda untuk memantau. Jika setelah 10 x 24 jam kerja Anda masih belum melihat hasilnya, silahkan hubungi kami.

Selengkapnya

Hasil AJT CogTest memberikan informasi penting dan wawasan data untuk mengembangkan IEP.MCI menyediakan materi pelatihan untuk guru. Untuk mempelajari lebih lanjut klik di sini. Modul 1: Mengajar Siswa yang Beragam: filosofi, pedagogi, dan praktik Modul 2: Pengantar tentang AJT COGTEST: tes dan interpretasi Modul 3: Program Pendidikan Individu Modul 4: Penilaian Modul 5: Manajemen Kelas Modul 6: Komunitas Pembelajaran Profesional Modul 7: SDLP (Pengembangan Silabus dan Perencanaan Pelajaran)Dalam pelatihan ini, para guru akan dilatih untuk mengembangkan IEP berdasarkan hasil AJT CogTest.

Selengkapnya

Untuk Sekolah dan Psikolog

Langkah pertama adalah meminta Administrator atau Psikolog Bersertifikat MCI memberikan tes lengkap ke anak yang akan dites, dengan waktu sekitar 1,5 jam per anak.Kemudian tes yang telah diselesaikan dan informasi terkait diserahkan ke Psikolog Bersertifikat AJT untuk analisis dan interpretasi.Begitu laporan AJT CogTest selesai, sekolah akan dapat menggunakan informasi dan rekomendasi untuk mengembangkan IEP, merekomendasikan perhatian khusus untuk mengatasi kelemahan belajar siswa tertentu, dan menyediakan alat untuk mengajar siswa dengan profil yang unik secara efektif.Karena AJT CogTest telah dinormakan dan divalidasi untuk siswa berusia 5-18 tahun dengan berbagai tingkat kemampuan, AJT CogTest juga menyediakan alat yang efektif untuk ...

Selengkapnya

Karena AJT CogTest menawarkan 3 paket (Brief, Full Scale, dan Comprehensive), sekolah dapat menggunakan paket Brief untuk administrasi masuk sekolah.Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami.

Selengkapnya

Ya, MCI bekerja sama dengan sekolah, praktisi, dan psikolog. Kami juga menawarkan materi pelatihan guru [link ke halaman guru] untuk melengkapi para praktisi agar dapat mengajar dengan lebih efektif dan berdampak.Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut bagaimana MCI dapat mendukung sekolah Anda, silakan hubungi kami di sini.

Selengkapnya

MCI selalu berkeinginan untuk bekerja sama dengan psikolog. Jalan Anda untuk menjadi Certified AJT CogTest Psychologist dimulai dengan langkah-langkah berikut:1. Buat Akun Online Anda2. Mendaftar sebagai "Psikolog" [tombol link] untuk melihat informasi terbaru tentang Sertifikasi  AJT CogTest3. Memenuhi Syarat PendidikanAda dua jenis Sertifikasi AJT CogTest: Administrator AJT CogTest Persyaratan untuk Administrator AJT CogTest harus menjadi Sarjana atau S1 jurusan Psikologi Psikolog AJT CogTest Persyaratan untuk Psikolog AJT CogTest harus menjadi lulusan Magister atau S2 jurusan Psikologi 4. Jelajahi lebih lanjut tentang Program Pelatihan Sertifikasi5. Temukan jadwal acara Sertifikasi terdekat6. Lulus Pelatihan Sertifikasi Menyelesaikan kursus pelatihan Mendapat sertifikat7. Setelah disertifikasi, Anda akan ...

Selengkapnya

Jika konselor sekolah Anda atau anggota staf Anda lainnya merasa dapat memperoleh sertifikasi, mereka dapat mengikuti program pelatihan kami. Jalan Anda untuk menjadi Administrator AJT CogTest Bersertifikat atau Psikolog dimulai dengan langkah-langkah berikut:1. Buat Akun Online Anda2. Mendaftar sebagai "Psikolog" untuk melihat informasi terbaru tentang Sertifikasi AJT CogTest3. Memenuhi Syarat PendidikanAda dua jenis Sertifikasi AJT CogTest: Administrator AJT CogTest Persyaratan untuk AJT CogTest Administrator adalah Sarjana atau S1 jurusan Psikologi Psikolog AJT CogTest Persyaratan untuk Psikolog AJT CogTest adalah Magister atau S2 jurusan Psikologi 4. Jelajahi lebih lanjut tentang Program Pelatihan Sertifikasi.5. Temukan jadwal acara Sertifikasi terdekat.6. Lulus Pelatihan Sertifikasi menyelesaikan ...

Selengkapnya

AJT CogTest 1.0

Di Indonesia, tes kognitif tidak tersedia secara nasional dan kalaupun ada, hanya merupakan versi adaptasi dari skala kecerdasan awal Stanford-Binet atau skala Wechsler. Tes semacam itu tidak dapat mencerminkan kemajuan yang lebih baru (dan edisi) dari tes yang ada, dan karena dikembangkan di Eropa dan Amerika Serikat, mereka sangat dipengaruhi oleh budaya dari mana mereka berasal sehingga kurang optimal dalam hal konteks budaya dan menjadikannya kurang optimal dalam hal konteks budaya dan validitas dalam setting bahasa Indonesia. Masalah ini ditambah dengan fakta bahwa Departemen Psikologi pada institusi akademis yang ada di Indonesia menggunakan sejumlah teori kecerdasan (termasuk teori garapan Spearman; ...

Selengkapnya

MCI, bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Urip Purwono, M.Sc., Ph.D. dan Dr. Kevin McGrew, membentuk program pengembangan dan penelitian empat tahun untuk membuat perangkat uji kecerdasan komprehensif yang dikelola secara individual yang dirancang khusus untuk anak-anak Indonesia usia 5 sampai 18 tahun, berdasarkan Teori kecerdasan Cattell-Horn-Carroll. Pakar independen Indonesia dan ahli internasional dalam pengukuran psikologis dan kecerdasan manusia mendukung program AJTCogTest 1.0.[Kevin McGrew Video]

Selengkapnya

Teori Kognitif CHC (Cattell-Horn-Carroll) adalah teori psikometrik yang saat ini dianggap sebagai model kemampuan kognitif manusia yang paling komprehensif dan didukung secara empiris, mencakup beberapa dekade penelitian (McGrew, 2009; Schneider & McGrew, 2012). Taksonominya telah banyak digunakan untuk mengklasifikasikan dan menggambarkan kemampuan kognitif manusia di banyak budaya. Teori CHC memiliki dampak signifikan pada pengembangan, atau revisi, dari sebagian besar tes kecerdasan utama dalam beberapa tahun terakhir (Keith & Reynolds, 2010). Manfaat menggunakan model CHC untuk pengembangan tes kognitif adalah kerangka kerja ini mencakup sebagian besar domain utama fungsi manusia, dan memperlihatkan kemampuan kecerdasan atau kognitif. Oleh karena itu, penilaian berbasis CHC dapat dianggap sebagai pendekatan ...

Selengkapnya

Tonton video Kevin McGrew 

Selengkapnya

Tonton video Kevin McGrew 

Selengkapnya

Tonton video Kevin McGrew 

Selengkapnya

Tonton video Kevin McGrew 

Selengkapnya

Tonton video Kevin McGrew 

Selengkapnya

Tonton video Kevin McGrew 

Selengkapnya

AJT CogTest adalah tes kognitif yang valid secara empiris untuk membantu menentukan kekuatan dan kebutuhan belajar anak.Model CHC, yang mana AJT CogTest dikembangkan, adalah model kemampuan kognitif manusia yang paling komprehensif dan empiris yang mencakup beberapa dekade penelitian.

Selengkapnya

Untuk melihat mockup laporan, klik di sini

Selengkapnya

Ikuti demo uji (On Progress)

Selengkapnya

Tes penilaian kognitif yang diberikan di Indonesia selain AJT CogTest adalah tes yang sangat mungkin tidak dinormalisasi di sini dan mungkin tidak menilai kemampuan kognitif secara keseluruhan yang dibutuhkan untuk menentukan kekuatan dan kelemahan belajar anak secara keseluruhan.AJT CogTest mengevaluasi kekuatan dan kelemahan belajar melalui seperangkat delapan domain keterampilan yang luas seperti: Penalaran Cair (Gf) Memori Kerja (Gwm) Penyimpanan Jangka Panjang (Gl) Penerimaan Jangka Panjang (Gr) Kecepatan Pemrosesan (Gs) Pemahaman-Pengetahuan (Gc) Pemrosesan Visual (Ga) Kemampuan Psikomotor (Gp)Domain umum ini mengukur kemampuan kognitif manusia lengkap yang berhubungan langsung dengan pendidikan dan pembelajaran.Tonton Video 

Selengkapnya

Tes di sekolah mengidentifikasi apa yang pelajar ketahui dan apa yang telah mereka pelajari. Di sisi lain, AJT CogTest menentukan bagaimana seorang siswa belajar, mengidentifikasi kekuatan kognitif dan kebutuhan mereka. Berdasarkan penelitian selama satu abad, AJT CogTest menggunakan model CHC yang memberikan evaluasi lengkap tentang kecerdasan manusia.Tonton VideoTonton Video Kevin McGrew

Selengkapnya

Setiap pelajar memiliki kombinasi kekuatan kognitif dan kelemahan belajar yang unik. Memahami dinamika unik memungkinkan pendidik dan orang tua untuk membuat instruksi yang lebih efektif untuk setiap siswa. Pada siswa berbakat (gifted), AJT CogTest mengidentifikasi area proses kognitif yang menunjukkan pembelajaran yang berbakat.

Selengkapnya

Laporan Personalisasi AJT CogTest

Laporan Personal AJT CogTest akan menampilkan kekuatan dan kelemahan belajar anak Anda berdasarkan 8 (delapan) kemampuan kognitif yang luas. Penalaran Cair (Gf), Memori Kerja Jangka Pendek (Gwm), Efisiensi Belajar (Gl), Kefasihan Penerimaan (Gr), Pengetahuan-Pemahaman (Gc), Kecepatan Pemrosesan (Gs), Pemrosesan Visual (Gv), dan Pemrosesan Auditori (Ga) (Kemampuan Psikomotor (Gp) opsional).Hasil kemampuan luas ini akan dianalisis sehubungan dengan populasi umum (norming), pengamatan dan interpretasi kinerja anak Anda.Laporan Personal AJT CogTest diberi kode warna agar mudah dimengerti. Kekuatan anak berwarna Hijau Keterampilan yang berkembang berwarna Biru Keterampilan yang membutuhkan dukungan berwarna KuningDi dalam Laporan Individual AJT CogTest selain berisi informasi kinerja secara ...

Selengkapnya

Laporan Personal AJT CogTest akan menentukan kekuatan dan kelemahan keterampilan kognitif anak, yang mengindikasikan domain spesifik di mana anak diklasifikasikan sebagai yang berbakat.Baca Artikel

Selengkapnya

Laporan Personal AJT CogTest mengidentifikasi kelemahan belajar anak, yang memberikan informasi penting tentang bagaimana seorang anak belajar dibandingkan dengan sampel anak secara nasional yang usianya sama (pentingnya norma).Baca Artikel 

Selengkapnya

Kekuatan kemampuan kognitif adalah istilah yang digunakan MCI untuk menggambarkan area di mana kemampuan kognitif anak menampilkan kinerja tinggi dibandingkan kemampuan kognitif lainnya yang luas [tombol pop-up tabel kemampuan yang luas] atau dibandingkan dengan anak lainnya yang seusia (norming). Kekuatan adalah area di mana anak itu unggul.

Selengkapnya

Kelemahan kemampuan kognitif adalah istilah yang digunakan MCI untuk menggambarkan area di mana kemampuan kognitif anak menampilkan kinerja yang relatif rendah dibandingkan kemampuan kognitif lainnya yang luas [tombol pop-up tabel kemampuan yang luas] atau dibandingkan dengan anak lainnya yang seusia (norming).Namun, MCI menggunakan istilah "kebutuhan belajar" yang mengenali setiap anak memiliki kekuatan dan kelemahan pemrosesan kognitif yang unik. Kelemahan atau kekuatan dalam kemampuan tertentu menunjukkan sebuah domain di mana perhatian dan dukungan tambahan diperlukan agar anak mencapai potensinya. Untuk kelemahan, dukungan tersebut dapat berupa pembagian strategi pengajaran menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan memberi anak waktu yang cukup ...

Selengkapnya

Psikolog bersertifikasi MCI akan memberikan laporan tertulis komprehensif (Laporan Personal AJT CogTest) yang mencakup observasi, analisis dan rekomendasi dalam bahasa sederhana. Orangtua atau pendidik dapat menggunakan hasilnya untuk membantu setiap anak dengan alat dan program khusus yang diperlukan untuk memaksimalkan potensi anak mereka. Rekomendasi MCI memungkinkan pembaca untuk menjawab kebutuhan yang diperlukan dengan lebih tepat.

Selengkapnya

Masuk ke akun saya Klik pada AJT CogTest Jika Anda memiliki lebih dari 1 (satu) anak dalam satu akun, pilih profil yang ingin Anda unduh Di layar dasbor, klik tombol unduh di sisi kanan atas Setiap akun pengguna dapat mengunduh Laporan Personal AJT CogTest hingga 3 (tiga) kali [setelah 3 kali, tombol unduh akan tidak aktif] Untuk mengaktifkan kemampuan download, sebuah token [tambahan] diperlukan.

Selengkapnya

Masalah Teknis

Harga

AJT CogTest terbagi menjadi tiga tingkatan yang berbeda: Core - mengidentifikasi 4 (empat) kemampuan kognitif yang substansial untuk proses belajar Advanced - mengidentifikasi 8 kemampuan kognitif lengkap yang menampilkan profil lengkap kekuatan dan kebutuhan belajar anak. Specific Abilities - adalah untuk kasus di mana seorang anak mungkin memerlukan analisis terperinci mengenai kemampuan kognitif tertentu, psikolog akan merekomendasikan tambahan tes             290k IDR 4 Sub tes Termasuk Administrator +470k IDR + 4 sub tes Termasuk Administrator +90k IDR per sub tes Tidak termasuk fee Administrator (IDR 150.000 sampai 4 sub tes) Core Advanced Specific Abilities Penalaran Cair (Gf) Pemahaman-Pengetahuan (Gc) Memori Kerja (Gwm) Pemrosesan Visual (Gv) Efisiensi Belajar (GI) ...

Selengkapnya

Privasi

AJT CogTest dibandingkan dengan penilaian kognitif lainnya

AJT CogTest saat ini merupakan satu-satunya penilaian kognitif yang dinormalisasi dan divalidasi untuk anak-anak usia 5-18 tahun di Indonesia.Di Indonesia, tes kognitif lainnya adalah versi modul penilaian yang disesuaikan dan tidak dapat mencerminkan kemajuan terbaru dalam teori kecerdasan dan psikometrik.Selain itu, tes yang dikembangkan di Eropa dan U.S sangat dipengaruhi oleh budaya ini, menjadikannya kurang optimal dalam hal konteks budaya dan validitas bagi pelajar Indonesia. Ini berarti mereka tidak mungkin akurat. Penting untuk memahami siapa yang menciptakan tes dan apakah skor telah dinormalisasi untuk siswa Indonesia dengan menggunakan sampel berskala besar untuk memastikan validitasnya.Jika Anda memiliki ...

Selengkapnya

AJT CogTest: Menyediakan bagi pendidik dan psikolog Indonesia alat penilaian berkualitas tinggi berbasis di Indonesia, kelas dunia, berbasis bukti, berdasarkan pada teori kecerdasan modern CHC, untuk mengidentifikasi dan mengklarifikasi kekuatan dan kelemahan kognitif siswa. Adalah salah satu ukuran kecerdasan yang paling komprehensif dan dikelola secara individual di dunia. Mempunyai Laporan Personal yang dipersonalisasi memfasilitasi pengembangan program pendidikan yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran unik siswa. Menggunakan Laporan Personal yang dipersonalisasi membantu siswa dan orang tua untuk lebih memahami kemampuan belajar yang unik ini.

Selengkapnya