Anak Mogok Sekolah Karena Gurunya Galak? Segera Lakukan Ini

Interview by

Liputan Seminar Strategi Mengajar di Kelas oleh Amelia Putri (Nakita.id)

20 September 2018

alt text

Guru di sekolah anak-anak mungkin bisa dikatakan sebagai guru yang paling sabar.

Meski usia para siswanya sedang di masa yang sedang aktif-aktifnya, mereka akan punya cara untuk bisa menenangkan suasana riuh.

Namun, pada beberapa kasus, mungkin akan ditemui guru yang terlihat lebih tegas dibanding yang lainnya.

Apalagi jika siswa tersebut dikenal sulit untuk ditenangkan dan diberitahu. Hal ini bisa berakibat Si Kecil jadi enggan untuk pergi ke sekolah. Karena perasaan tak ingin bertemu dengan guru 'galak' tersebut.

Lalu, jika Moms mengetahui kondisi tersebut, apa yang sebaiknya dilakukan?

Menurut psikolog klinis Naomi Soetikno, M.Pd., Psikolog, perlu adanya pembicaraan untuk mengatasi isu ini dengan pihak sekolah.

"Hal ini sebaiknya perlu keterlibatan dari kepala sekolah atau yayasan, untuk mengajak bicara dulu guru tersebut. Kita juga perlu memerhatikan keluhan-keluhan dari orangtua lain," jelas Naomi di acara AJT CogTest Helping All Students Learn "Strategi Mengajar di Kelas" pada Sabtu (15/9/2018) di Cocowork, Jakarta Selatan.

Ia menambahkan, "Guru tersebut mungkin perlu diajak bicara, diberi pengertian, dan diingatkan kembali terkait moral bagi guru." Naomi mengatakan, setiap guru yang bersekolah di keguruan, sudah diberikan pemahaman tentang moral guru. "Saya percaya guru-guru itu sekolah di keguruan, dan sudah diberikan moral guru," lanjut Naomi.

Hal yang menyebabkan guru punya karakter 'galak', mungkin karena lupa dengan moral guru tersebut. "Kadang mungkin dalam kehidupan ada beban-beban pekerjaan, atau kehidupan lain yang membuat ingatan tentang moral guru. Sebaiknya, diingatkan kembali hal tersebut," tutupnya.

Jadi, sebaiknya Moms perhatikan jika ada keluhan yang datang dari ibu-ibu lain, dan bicarakan dengan pihak kepala sekolah atau yayasan.

Source : http://nakita.grid.id/read/02938677/anak-mogok-sekolah-karena-gurunya-galak-segera-lakukan-ini?page=all