Jangan Sampai Tak Akur dengan Anak, Bisa Berdampak Kondisi Belajar di Sekolah

Interview by

Liputan Seminar Strategi Mengajar di Kelas oleh Amelia Putri (Nakita.id)

20 September 2018

Naomi Soetikno dalam AJT CogTest Helping All Students Learn

Ketika Si Kecil bersekolah, ia akan melakukan aktivitas yang menyenangkan di lingkungan sekolah tersebut. Tak hanya itu, ia juga bertemu teman-teman sebayanya, dan gurunya. Namun, bukan berarti usai mengantar Si Kecil, Ibu menyerahkan penuh untuk mendidik anak kepada guru. Justru hubungan yang Ibu miliki dengan Si Kecil punya pengaruh bagaimana Si Kecil bersikap di lingkungan sekolah.

Hal ini seperti disampaikan oleh psikolog klinis anak Dr. Naomi Soetikno, M.Pd., Psikolog.

Pada acara AJT CogTest Helping All Students Learn "Strategi Mengajar di Kelas" oleh Melintas Cakrawala Indonesia, Naomi menjelaskan beberapa kondisi hubungan orangtua dan anak yang buruk dan bisa berpengaruh di lingkungan sekolah.

"Hubungan orangtua dan anak pastinya memengaruhi anak di sekolah. Karena kalau kita berbicara perkembangan anak, anak dipengaruhi oleh lingkungan-lingkungan terdekat dengannya," jelas Naomi.

Ia menambahkan, "Pertama kita bicara keluarga, kemudian sekolah, lalu teman sebayanya, baru lingkungan di sekitar rumahnya. Jadi, lingkungan-lingkungan ini pasti memengaruhi anak. Misalkan di rumah, anak tak sejahtera secara mental, atau ia merasakan tekanan-tekanan secara psikologis di rumahnya, punya relasi yang kurang baik dengan orangtua. Hal itu bisa memengaruhi kondisi anak di sekolah," terangnya.

Guru juga berperan penting jika melihat anak membutuhkan perhatian khusus dan paham jika hubungan dengan orangtuanya tak begitu baik. 

"Kalau guru sadar akan hal itu, harus ada komunikasi dengan orangtua. Memang dalam pendidikan itu kita tak bisa terpisah-pisah, misalnya sekolah, guru dan keluarga dipisahkan 100% nah itu tidak bisa," jelas Naomi.

Oleh karena itu menurut Naomi, butuh koordinasi yang baik antara orangtua, guru, dan pihak sekolah, dalam mendidik Si Kecil. 

Source : http://nakita.grid.id/read/02938609/moms-jangan-sampai-tak-akur-dengan-anak-bisa-berdampak-kondisi-belajar-di-sekolah?page=all